Melatih Keterampilan Motorik Anak dengan Robot Pemakan Koin

Proyek baru dari Kokaro diperkenalkan dalam kegiatan #RobotWorks dan #RobotShow pada tanggal 12-13 Mei 2018 di SDIT Ibadurrahman, Srengat, Blitar. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Ibadurrahman Fair, acara tahunan yang digelar sebagai promosi sekolah yang tahun ini sekaligus sebagai acara penyambutan datangnya bulan Ramadan 1439 H.
Pelatihan #RobotWorks hari Sabtu diikuti oleh 65 peserta. Mereka adalah anak-anak usia TK dan SD kelas bawah. Kegiatan dilanjutkan hari Ahad berupa perlombaan #RobotShow.
Proyek robot yang mereka kerjakan adalah Robot Pemakan Koin. Badan robot dibuat dari kayu lapis. Merakitnya dengan cara diikat karet gelang. Lengan robot yang digunakan untuk memasukkan koin digerakkan oleh sebuah motor DC dengan tenaga dari baterai 3 volt. Setelah dirakit dan diuji untuk memastikan robot dapat bekerja dengan benar, peserta diminta menghias robotnya.
Beberapa peserta ada yang masih membutuhkan bantuan untuk merakitnya. Namun kebanyakan dapat melakukannya sendiri setelah dicontohkan caranya karena memang sebenarnya caranya cukup mudah, apalagi bagi anak-anak yang sudah terlatih keterampilan motoriknya. Beberapa di antara mereka bekerja sama dalam satu kelompok, minta tolong temannya untuk memegangi robotnya sementara dirinya mengikatkan karet. Akhitnya, tak hanya pengetahuan dan keterampilan merakit robot yang didapatkan, peserta juga mendapatkan pelajaran tentang bekerja sama.

Posted in Berita, Pelatihan | Tagged , , | Comments Off

SWINGBOT, Robot Swa-Imbang

Posted in Proyek Robot | Tagged , | Comments Off

[Jawa Pos] Laga Perdana, Dafibot Raih Juara Dobel

SIDOARJO – Moch. Lukman Hakim, Muhammad Rifqi Anwaruddin, dan Azya Dauzy Abyan M. patut berbangga. Baru kali pertama ikut lomba, siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Darul Fikri itu langsung meraih juara pertama dalam lomba bertajuk Java Robot Contest IX di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Predikat best strategy pun mereka raih dalam lomba yang diikuti tim dari berbagai daerah di Indonesia tersebut.

dafibot24_500

Tim dengan nama Dafibot 24 itu berhasil mengalahkan 26 tim lainnya. ”Saat final, kami sangat grogi. Degdegan sekali,” kata Azya Dauzy Abyan M. saat ditemui di PPTQ Darul Fikri kemarin (27/3) . Bocah 13 tahun yang menjalankan robot manual transporter tersebut harus berhadapan langsung dengan tim lawan. ”Bahagia sekali baru ikut lomba kali pertama dan menang,” lanjut Lukman. Tim yang dibina Anton Widarmono dan Toni Stiawan tersebut hanya memerlukan latihan dan diskusi dalam pembuatan robot selama sebulan.

Saat bertanding, Dafibot 24 tidak sendirian. Ada tim Dafibot 23 dan Dafibot 25. Dua tim tersebut mampu melaju ke babak delapan besar. Dalam babak selanjutnya, mereka harus mengakui keunggulan tim lain. Prestasi tim Rafi Aruna Dzaky, M. Alif Jasir, M. Rayhan Azhar, Ayman Nabil Madani, Zuhair Nashif A., dan M. Abdul Aziz A. itu patut diapresiasi. Sebab, mereka semua juga baru kali pertama mengikuti kontes robot yang diselenggarakan pada 24 sampai 25 Maret tersebut.

Koordinator Tim Pembina Robot Arief Andhi Yudanarko bangga dengan prestasi yang diraih tim Dafibot. Apalagi, ada yang berhasil meraih juara pertama sekaligus best strategy. ”Faktor mental sangat memengaruhi,” lanjutnya.

Jawa Pos, 28 Mar 2018

Posted in Berita | Tagged , | Comments Off

Takut Belajar Robot

Posted in Pelatihan, Pendidikan Karakter | Tagged , | Comments Off