Layanan

Seminar

Aprecie 2008

Sharing Best Practices dalam Asia Pacific Regional Conference on Islamic Education di Solo tahun 2008.

Langkah-langkah sosialisasi pemanfaatan teknologi bagi masyarakat dirasakan masih kurang, tak hanya di bidang robotika. Sebagian besar masyarakat kita masih memandang teknologi sebagai urusan para akademisi atau orang dengan kapasitas tertentu. Walaupun demikian kebanyakan dari masyarakat kita merupakan pengguna produk teknologi yang senantiasa up-to-date. Maka, seminar menjadi media untuk melakukan sosialisasi dan gerakan penyadaran supaya masyarakat lebih cerdas dalam pemanfaatan teknologi. Prioritas peserta seminar adalah para mahasiswa, guru, dan orang tua murid karena posisi strategis mereka dalam pendidikan, namun masyarakat secara umum juga tak kalah penting.

 

Pelatihan

Pelatihan Guru

Pelatihan ini disediakan bagi para guru, tak hanya guru ekstrakurikuler, semua guru dapat mengikuti pelatihan ini untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru bagaimana menjadikan robot dan ilmu robotika sebagai media pembelajaran. Dalam pelatihan ini, peserta dibekali pengetahuan tentang konsep robotika sederhana yang mudah diterapkan dan teknik untuk melipatgandakan kreativitas, sehingga tak habis ide untuk merancang media pembelajaran.

RobotCamp

RobotCamp Nuris 2007

RobotCamp untuk SD di Kabupaten Sidoarjo tahun 2007.

RobotCamp adalah kegiatan pelatihan bagi anak-anak atau murid-murid sekolah. Penyelenggaraan RobotCamp biasanya pada waktu liburan sekolah untuk mengisi liburan, atau pada waktu-waktu yang bertepatan dengan momen tertentu.

Ada dua bentuk RobotCamp. Pertama, RobotCamp yang tujuannya untuk menumbuhkan minat peserta pada robotika. Ini bagi pemula. Kedua, RobotCamp yang tujuannya untuk meningkatkan kemampuan, diperuntukkan bagi yang sudah bisa namun ingin memperdalam pengetahuan dan meningkatkan keterampilannya.

 

Pendampingan

Ekstrakurikuler

Pembinaan keterampilan robotika melalui kegiatan ekstrakurikuler adalah yang umum di sekolah-sekolah. Pertemuan diadakan setiap pekan untuk membahas dan mengerjakan proyek robot yang disepakati. Sebuah proyek robot dapat dibagi menjadi beberapa bagian untuk dikerjakan secara bertahap, atau dikerjakan oleh beberapa kelompok.

Perlombaan

Tujuan utama pembinaan keterampilan robotika adalah untuk pembelajaran. Perlombaan pun merupakan sarana pembelajaran.

Produksi

Produksi dengan memberdayakan komunitas.

Produksi dengan memberdayakan komunitas.

Proyek robotika yang terus dikembangkan oleh tim riset yang berbasis komunitas. Sebagian modul proyek robotika telah dijadikan sebagai materi pembelajaran muatan lokal bagi sekolah. Di samping itu, tersedia pula layanan bagi yang menginginkan spesifikasi robot sesuai dengan keinginan.